OOP (Object Oriented Programing)
Pemrograman
Berbasis Object (Object Oriented Programming atau OOP) memodelkan dunia nyata
ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
OOP
merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data
dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek
Konsep
dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek adalah sebagai berikut :
-Kelas
-Objek
-Abstraksi
-Enkapsulasi
-Polimorfisme
Menganalisa
Program Sederhana
public
class Hello
{
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Hello world!");
}
}
Baris
pertama kode adalah :
public
class Hello
menandakan
nama classnya yaitu Hello. Dalam OOP, semua kode ditempatkan dalam deklarasi
class. Biasanya, class menggunakan acess specifier atau level akses misalkan
public, yang mengindikasikan bhawa class tersebut mempunyai akses bebas ke
class yang lain dari package yang lain pula.
Baris
berikutnya yaitu adanya kurung kurawal { menandakan awal blok program. bentuk
tulisannya adalah sebagai berikut
public
class Hello
{
atau
public
class Hello {
intinya
sama saja :)
Baris
selanjutnya yaitu
public static void main(String[] args) {
penulisan
itu menandakan nama suatu method dalam class Hello yang digunakan sebagai
method utama; yaitu titik awal dari suatu program yang berorientasi objek.
Baris
selanjutnya yaitu
System.out.println("Hello
world!");
yang berfungsi
untuk menampilkan teks “Hello World!” pada layar. Perintah System.out.println()
inilah yang menampilkan teks yang ada di dalam tanda petik ("").
Dua
baris terakhir yaitu dua kurung kurawal digunakan untuk menutup method utama
dan masing-masing class secara berurutan.
PEWARISAN
( INHERITANCE )
Apa
itu inheritance? inheritance adalah dimana suatu entitas/obyek dapat mempunyai
entitas/obyek turunan.
Dengan
konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan.
KEUNTUNGAN
INHERITANCE :
1.
Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakannya dengan
superclass,
hal
ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari
superclass yang telah ada.
2.
Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik,
yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour
dan state secara umum.
Dalam
pewarisan, suatu method didefinisikan dalam superclass dapat secara otomatis
diwariskan dari semua subclasses.
Mendefinisikan
Superclass dan Subclass
-----------------------------------------
Untuk
memperoleh suatu class, kita menggunakan kata kunci extend. Dimisalkan kita
mempunyai class induk yaitu Person.
public
class Person
{
protected String name;
protected String address;
public Person(){
System.out.println(“Inside Person:Constructor”);
name = "";
address = "";
}
Atribut
name dan address dideklarasikan sebagai protected, karena kita menginginkan
atribut-atribut ini untuk bisa diakses oleh subclass dari superclass. Jika
kita menggunakan private, subclasses tidak dapat menggunakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar